Kelas Bencana Jehensa Semuel Makatita Pantau Gempa Pantau Hujan Cek Gempa Cek Cuaca Geografi Kebumian Astronomi Aplikasi Excel Jehensa Semuel Makatita Pantau Bencana Pantau Negeri Geografi Kebumian Astronomi Aplikasi Excel Jehensa Semuel Makatita


DESKRIPSI UMUM PERSONAL WEB INI

Jehensa Semuel Makatita, Gr adalah salah satu Guru GEOGRAFI SMA di Timur Indonesia yang jauh dari akses kota madya atau kota provinsi yang Menyadari terbatasnya sumber belajar peserta didik ditengah Pembelajaran Abad 21 saat ini dan derasnya arus Informasi, dengan Pendekatan Pembelajaran Baru "Pembelajaran Berbasis Web".

Website ini dikembangkan untuk menjembatani kebutuhan Informasi baik : GEOGRAFI, KEBUMIAN, ASTRONOMI, TUTORIAL, PENDIDIKAN, FOTOGRAFI, TREND INFO PUBLIK

FITUR UNGGULAN

INFORMASI PANTAU KEBENCANAAN dalam Membentuk para Pembaca Adaptasi Kebiasaan Baru (Siaga dan Tanggap Bencana)

D U K U N G A N

Semoga web ini memberikan manfaat bagi para siswa dan Pembaca Umum Yang Menyadari Pentingnya Informasi Kebencanaan.

Ikuti kami Sahabat Melalui Web, Twitter, Facebook dan YouTube Channel GEOSIDE kami...
Akses terus website kami agar kami selalu mengembangkannya sesuai kebutuhan Sahabat dan Jangan Lupa Tinggalkan Komentarnya

Review Aktivitas Erupsi Gunung Api RUANG di Sulawesi Utara

Peningkatan Aktivitas signifikan dari Gunung Api RUANG di Sulawesi Utara Pada 16 April 2024 menyebabkan Badan Pusat Vulkanologi PVMBG meningkatkan Status dari Level 1 (NORMAL) menjadi Leval 2 (WASPADA) pukul 10.00 WITA. Pemantauan Lanjutan dari aktivitas gunung api tersebut kemudian di tingkatkan kembali menjadi Leval III (SIAGA) pada Pukul 16.00 WITA  pada Hari yang sama. itu berarti dalam 6 Jam terjadi 2 Kali Peningkatan Level Status Gunung Api RUANG terletak di Kab\Kota Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara dengan posisi geografis di Latitude 2.3031°LU, Longitude 125.3667°BT dan memiliki ketinggian 725 mdpl.

Grafik Tren Kegempaan dari Gunung Api RUANG ini seperti pada Grafik menunjukan telah terjadi Peningkatan Gempa Vulkanik Dalam sejak tanggal 13 April 2024 dan Memuncak di Tanggal 15 April 2024 sebagai bagian dari Peristiwa Pra Erupsi dari sebuah Aktivitas Gunung Api.

Dikutip dari laman Resmi MAGMA Indonesia, Letusan pertama Terjadi erupsi G. Ruang pada hari Rabu, 17 April 2024, pukul 01:08 WITA. Tinggi kolom erupsi tidak teramati. Sebelum erupsi pertama ini asap bertekanan sedang berwarna kelabu dengan intensitas tebal dan tinggi 500-600 meter di atas puncak kawah telah Teramati sinar api dengan tinggi lk 30 meter dan lk 100 meter di atas puncak.


Tren Tingkat Terang Hotspot di Kawah Gunung RUANG Sulawesi Utara dari pukul 06.00 WIT 16 April 2024 hingga jam 11.00 WIT 17 April 2024

Pola Sebaran Emisi SO₂ (Oksida Gas Belerang/Sulfur) dari tanggal 16 April hingga 17 April  2024 eruption pada Ruang volcano  diukur dengan irama per jam oleh sensor SouthKorea 's geostationary UV GK-2B GEMS

Sebaran Oksida Belerang SO2 pada tanggal 17 April 2024 Gunung Api RUANG dari Pencitraan Sentinel

Data Deteksi Satelit HIMAWARI 9 dan perkiraan Pola Sebaran Abu Vulkanis Gunung api RUANG di Sulawesi Utara jam 06.50 WITA 17/4/2024 hingga jam 00.50 WITA tengah malam ini 18/4/2024

BNPB menyebutkan, Dampak erupsi gunung Ruang sebanyak 272 Kepala Keluarga atau 828 jiwa mengungsi dengan rincian 45 jiwa berada di Gedung BPU Kecamatan Tagulandang dan sebanyak 783 jiwa berada di rumah kerabat dan saudara di daratan Pulau Tagulandang dengan menggunakan 2 unit kapal Ferry (KMP Lokong Banua dan KMP Lohoraung ditambah dengan perahu penyeberangan milik warga.
Video Evakuasi Warga di tengah Erupsi Gunung Api RUANG Semalam

Terjadi erupsi G. Ruang pada hari Rabu, 17 April 2024, pukul 18:00 WITA tinggi kolom abu teramati ± 2500 m di atas puncak. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 55 mm dan durasi 0 detik. 

Terjadi erupsi G. Ruang pada hari Rabu, 17 April 2024, pukul 20:15 WITA tinggi kolom abu teramati ± 3000 m di atas puncak. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 55 mm dan durasi 0 detik.  

Aktivitas Erupsi Gunung Api RUANG Malam ini 17 April 2024

Erupsi Malam ini nampak dari Awan Abu Vulkanis yang ditangkap Satelit seperti pada Video berikut ini 


Penanganan erupsi Gunung Ruang, Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) menetapkan Status Tanggap Darurat selama 14 hari terhitung mulai tanggal 16 - 29 April 2024. BPBD Kabupaten Sitaro dan BPBD Provinsi Sulawesi Utara memberikan bantuan berupa 123 lembar tikar, 120 pcs selimut dan 400 lembar masker. BPBD melakukan Kaji cepat, evakuasi dan penyiapan sarana evakuasi di Kecamatan Tagulandang.

Informasi terkini yang dihimpun Gunung Api Ruang di Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara. Dari level III (Siaga) menjadi level IV (Awas) Sejak 17 April 2024 pukul 21.00 WITA. Rekomendasi masyarakat untuk menajuhi radius 6 km dari puncak Gunung Api Ruang.
Kepala Badan Geologi Muhammad Wafid memaparkan, kemunculan gempa vulkanik dalam biasanya berkaitan dengan migrasi magma dari dalam ke permukaan. Potensi bahaya Gunung Ruang berupa erupsi eksplosif mungkin terjadi dan menghasilkan awan panas ke arah barat daya, selatan, dan tenggara.

Kondisi ini sesuai dengan peta rekomendasi Gunung Ruang yang dikeluarkan PVMBG saat berstatus Siaga. Dari peta tersebut, arah barat daya hingga tenggara dari puncak gunung digambarkan merah pekat sebagai tanda potensi ancaman aliran awan panas, lava, dan gas beracun.

Gunung Api Ruang merupakan gunung api strato dengan kubah lava di atasnya. Tatanan tektonik Gunung Ruang adalah Zona Subduksi dengan tipe batuan mayor Gunung Api Ruang yaitu Batu Andesit hingga basaltic andesit dan basalt hingga picro-basalt.

Erupsi Gunung Ruang tahun 1870 merupakan erupsi terkuat pada abad ke-19, dengan Skala 3 VEI. Tepatnya pada periode 27-28 Agustus 1870, erupsi ini memberi dampak seluruh Pulau Ruang rusak total. Rumah, hewan dan tumbuhan semuanya musnah. Walau demikian, ancaman yang paling mematikan datang ada periode erupsi 2-14 Maret 1871. Kronologinya, Erupsi diawali oleh gempa terasa agak kuat yang terjadi di pertengahan bulan Februari 1871. Tepatnya, tanggal 2 Maret terjadi longsoran di puncak Gunung Ruang. Pada 3 Maret, ketika malam hari terjadi lagi gempa yang terasa hingga Pulau Tagulandang. Di udara terdengar suara gemuruh bagaikan erupsi, dan tidak lama kemudian datang gelombang pasang ( Tsunami ) melanda pantai Tagulandang. Gelombang Tsunami itu tingginya diperkirakan sampai 25 meter dan berdampak sejauh 180 m dari bibir pantai. Gelombang pertama tak lama kemudian disusul oleh yang kedua. Di Buhias jatuh korban sekitar 400 jiwa.
'>Bagikan Info Ini Pada Sahabat Anda !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pemantau Cuaca dan Gelombang

Update Erupsi Gunung Api Sepanjang 2023

Breaking News Hari Ini Di Facebook

Hot News Terkini di Instagram

Info Tik Tok