Kelas Bencana Jehensa Semuel Makatita Pantau Gempa Pantau Hujan Cek Gempa Cek Cuaca Geografi Kebumian Astronomi Aplikasi Excel Jehensa Semuel Makatita Pantau Bencana Pantau Negeri Geografi Kebumian Astronomi Aplikasi Excel Jehensa Semuel Makatita


DESKRIPSI UMUM PERSONAL WEB INI

Jehensa Semuel Makatita, Gr adalah salah satu Guru GEOGRAFI SMA di Timur Indonesia yang jauh dari akses kota madya atau kota provinsi yang Menyadari terbatasnya sumber belajar peserta didik ditengah Pembelajaran Abad 21 saat ini dan derasnya arus Informasi, dengan Pendekatan Pembelajaran Baru "Pembelajaran Berbasis Web".

Website ini dikembangkan untuk menjembatani kebutuhan Informasi baik : GEOGRAFI, KEBUMIAN, ASTRONOMI, TUTORIAL, PENDIDIKAN, FOTOGRAFI, TREND INFO PUBLIK

FITUR UNGGULAN

INFORMASI PANTAU KEBENCANAAN dalam Membentuk para Pembaca Adaptasi Kebiasaan Baru (Siaga dan Tanggap Bencana)

D U K U N G A N

Semoga web ini memberikan manfaat bagi para siswa dan Pembaca Umum Yang Menyadari Pentingnya Informasi Kebencanaan.

Ikuti kami Sahabat Melalui Web, Twitter, Facebook dan YouTube Channel GEOSIDE kami...
Akses terus website kami agar kami selalu mengembangkannya sesuai kebutuhan Sahabat dan Jangan Lupa Tinggalkan Komentarnya

Perspektif TPACK Dalam Pembelajaran Abad 21

TPACK (Technological Pedagogic Content Knowledge) merupakan pembelajaran yang menggunakan penerapan gabungan system pendidikan yang mengedepankan teknologi dan aplikasi (konten) tertentu dalam Pembelajaran sehingga kegiatan pembelajaran bisa berjalan secara efektif dan efisien.

Amanat Peraturan Pemerintah Republik Indonesia no 74 tahun 2008 dan dicetuskannya pembelajaran abad 21 menuntut guru untuk menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam proses pembelajaran.

 TPACK terdiri dari tiga komponen berikut:

1.    Teknologi

2.    Pedagogik

3.    Konten pengetahuan

Guru harus memiliki kemampuan TPACK untuk menarik minat belajar peserta didik pada materi pelajaran yang disampaikan (Naziri, Rasul, & Affandi, 2019: 106). Kemampuan penerapan TPACK akan memudahkan guru mengajarkan materi sains secara jelas kepada peserta didik (Mercado, Panganiban, & Ramos, 2019: 73).

TPACK terdiri dari :

  1. Pengetahuan materi (content knowledge/CK) yaitu penguasaan bidang studi atau materi pembelajaran,
  2. Pengetahuan pedagogis (pedagogical knowledge/PK) yaitu pengetahuan tentang proses dan strategi pembelajaran, yang paling optimum sehingga siswa terjadi kenaikan daya kreativitas dan tujuan pembelajaran dapat tercapai.
  3. Pengetahuan teknologi (technological knowledge/TK) yaitu pengetahuan bagaiamana menggunakan teknologi digital.
  4. Pengetahuan pedagogi dan materi (pedagogical content knowledge/PCK) yaitu gabungan pengetahuan tentang bidang studi atau materi pembelajaran dengan proses dan strategi pembelajaran.
  5. Pengetahuan teknologi dan materi (technological content knowledge/TCK) yaitu pengetahuan tentang teknologi digital dan pengetahuan bidang studi atau materi pembelajaran.
  6. Pengetahuan tentang teknologi dan pedagogi (technological paedagogical knowledge/TPK) yaitu pengetahuan tentang teknologi digital dan pengetahuan mengenai proses dan strategi pembelajaran.
  7. Pengetahuan tentang teknologi, pedagogi, dan materi (technological, pedagogical, content knowledge/TPCK) yaitu pengetahuan tentang teknologi digital, pengetahuan tentang proses dan strategi pembelajaran, pengetahuan tentang bidang studi atau materi pembelajaran.

 

Domain untuk penerapan TPACK secara praktis adalah :

1. Menggunakan TIK untuk menilai peserta didik. Contoh Saudara menggunakan Microsoft excel untuk mengolah nilai, menggunakan kuis online untuk menilai partisipasi peserta didik,  enggunakan grup chatting untuk memahami cara  berkomunikasi melalui medsos dan sebagainya.

2. Menggunakan TIK untuk memahami materi pembelajaran. Contohnya mengemas materi abstrak ke dalam animasi video, mensimulasikan prinsip kerja mesin menggunakan animasi, memberikan rujukan tautan untuk belajar lebih lanjut dan sebagainya.

3. Mengintegrasikan TIK untuk memahami peserta didik. Contohnya meminta peserta didik memvisualisasikan idenya menggunakan corel draw, menggunakan whatsapp atau email untuk menampung keluhan peserta didik, menyediakan forum konsultasi secara online dan sebagainya

4. Mengintegrasikan TIK dalam rancangan kurikulum termasuk kebijakan. Contohnya melibatkan guru dalam pengembangan sumber belajar digital, diskusi rutin pengembangan konten digital, memasukkan program peningkatan melek TIK bagi guru dan sebagainya

5.  Mengintegrasikan TIK untuk menyajikan data. Contohnya menggunakan TIK untuk menyajikan data akademik, data induk peserta didik, data mutasi peserta didik, membuat grafik dan sebagainya

6. Mengintegrasikan TIK dalam strategi pembelajaran. Contohnya mengembangkan pembelajaran berbasis web, mengelola forum diskusi online, melaksanakan teleconference, menggunakan video pembelajaran untuk memotivasi peserta didik dan sebagainya.

7.  Menerapkan TIK untuk pengelolaan pembelajaran. Contohnya menggunakan TIk untuk presensi online, memasukkan dan mengolah nilai peserta didik, menggunakan sistem informasi akademik dan sebagainya.

8. Mengintegrasikan TIK dalam konteks mengajar. Contohnya menyediakan pilihan pembelajaran berbasis online, menciptakan lingkungan pembelajaran

 

TPACK dibagi dalam tiga jenjang, yaitu jenjang SD, SMP, dan SMA. Adapun masing-masing contohnya adalah sebagai berikut.

1.  Contoh TPACK dalam penerapan pembelajaran di SMA

Salah satu pembelajaran yang bisa memanfaatkan TPACK adalah Biologi materi “Sistem Pencernaan”. Adapun contoh TPACK dalam Biologi “Sistem Pencernaan” adalah sebagai berikut.

a)  Aspek PK: guru menggunakan metode presentasi di kelas dan peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok.

b) Aspek CK: guru memberikan penugasan pada setiap kelompok untuk mengidentifikasi organ-organ pencernaan beserta fungsinya dan menampilkannya dalam bentuk Adobe Flash.

c) Aspek TK: peserta didik diminta untuk presentasi melalui laptop yang terhubung dengan layar proyektor.

2.  Contoh TPACK dalam penerapan pembelajaran di SMP

Salah satu mata pelajaran di SMP yang bisa memanfaatkan TPACK adalah Bahasa Inggris. Adapun contohnya adalah sebagai berikut.

a)  Aspek PK: guru menggunakan metode tanya jawab.

b) Aspek CK: guru meminta peserta didik untuk mengidentifikasi isi percakapan antara dua orang dalam Bahasa Inggris melalui sesi tanya jawab.

c) Aspek TK: guru menampilkan percakapan dua orang melalui video berdurasi pendek.

3.  Contoh TPACK dalam penerapan pembelajaran di SD

Contoh TPACK dalam penerapan pembelajaran di SD untuk mata pelajaran IPA materi “Ekosistem” adalah sebagai berikut.

a) Aspek PK: guru menggunakan metode karyawisata virtual di kebun binatang.

b) Aspek CK: guru meminta peserta didik untuk mengidentifikasi jenis-jenis ekosistem yang ada di kebun binatang tersebut.

c)    Aspek TK: guru memutar video tour ke kebun binatang.

Tugas Guru Dalam Pembelajaran Berbasis TPACK

  1. Menjadi Fasilitator dalam Penyampaian Bahan Ajar/Penyiapan Virtual Class, Penyiapan Instrumen Penilaian Online
  2. Melakukan Pengawasan/Pendampingan dalam penerapan TIK dalam Pembelajaran
  3. Melakukan Penilaian terhadap Conten Tugas ataupun Pemeriksaan Tugas OnLine/Pemeriksaan bahan Ujian dan termasuk mengkonfirmasi hasil melalui Group WA Kelas, Web, dll


Kelebihan TPACK dalam pembelajaran adalah sebagai berikut :

1.  Meningkatkan pemahaman siswa melalui keterlibatan teknologi.

2. Meningkatkan keterampilan guru dalam mengolaborasikan teknologi dalam pembelajaran.

3.  Peserta didik mendapatkan tantangan baru dalam proses belajarnya.

4. Konten pembelajaran yang rumit bisa disederhanakan dengan bantuan teknologi.

5.  Bisa membantu guru dalam mencapai tujuan pengembangan kompetensi.

 Kekurangan TPACK adalah sebagai berikut :

1.Membutuhkan infrastruktur tambahan, berupa penyediaan perangkat teknologi.

2. Jika guru tidak bisa mengawasi peserta didiknya dengan cermat, teknologi rentan disalahgunakan.

3. Bagi peserta didik yang masih gagap teknologi, bisa tertinggal dengan temannya yang mahir teknologi.

4. Akses internet yang belum merata bisa meningkatkan kesenjangan kualitas pendidikan.

5. Jika guru belum begitu mahir menggunakan teknologi, maka waktu guru tersebut bisa tersita hanya untuk fokus pada pemahaman teknologinya.


Pembelajaran berbasis Virtual, Sistem Ujian Berbasis Komputer/Android, sistem pendaftaran siswa baru berbasis OnLine sebenarnya merupakan terapan TPACK baik oleh guru ataupun Sekolah dalam Pembelajaran ini. Yang juga termasuk dalam pembelajaran ini adalah Tugas berbasis Proyek/Produk yang terintegrasi TIK termasuk Konten Video pendek


Soal dan Kunci Jawaban PPG materi TPACK

Seorang guru menggunakan animasi video untuk menjelasksan materi prinsip kerja hukum Newton. Tindakan guru merupakan penerapan TPACK dalam domain…..
a. Merepresentasikan data
b. Memahami materi pembelajaran 
c. Rancangan kurikulum
d. Pengelolaan pembelajaran
e. Upaya memahami peserta didik


Pembelajaran abad 21 menekankan kepada hal-hal berikut ini, kecuali….
a. Mengembangkan kreatifitas, daya inovasi, dan keterampilan kognisi
b. Keterampilan komunikasi, keterampilan belajar, dan metakognisi
c. Penyelesaian masalah, berpikir tingkat tinggi, dan kolaborasi
d. Pengembangan keterampilan belajar mandiri, tanggungjawab, dan mencipta
e. Penguasaan aplikasi komputer, penuntasan materi, dan pemahamanteknologi 


Guru dalam memfasilitasi pembelajaran abad 21 sebaiknya….
a. Menjadi pengendali utama terhadap materi pembelajaran
b. Menekankan kepada pengembangan keterampilan belajar 
c. Mengutamakan agar peserta didik menguasai materi
d. Memfokuskan diri kepada penguasaan materi pembelajaran
e. Memfokuskan diri kepada penguasaan aplikasi komputer kontemporer


Rendahnya partisipasi peserta didik di kelas mendorong seorang guru menyediakan google drive agar karya peserta didik dapat tersimpan dengan baik sehingga memudahkan teman lainnya dalam memberikan sumbang saran terkait karya temannya. Hal ini merupakan pengintegrasikan teknologi pada domain…..
a. Pemahaman terhadap peserta didik
b. Penilaian terhadap peserta didik
c. Pemahaman materi pembelajaran
d. Strategi pembelajaran 
e. Pengelolaan pembelajaran


Berikut ini merupakan ciri generasi z yang berkaitan dengan preferensi belajarnya adalah…..
a. Bersifat terbuka terhadap rekam jejak digitalnya
b. Tidak suka berkolaborasi dan cenderung menyendiri
c. Menyukai musik dan mendengarkan radio
d. Suka membaca teks dari buku elektronik
e. Menyukai komunikasi berbasis visual
 


Pernyataan berikut yang merupakan fenomena pembelajaran abad 21 yang menyebabkan era disrupsi pendidikan adalah…..
Pilih salah satu:
a. Peningkatan jumlah kepemilikan perangkat TIK
b. Standar kompetensi guru yang meningkat
c. Banyaknya media pembelajaran berkualitas
d. Berkembangnya massive online open course 
e. Semakin meningkatnya kemampuan TIK peserta didik

'>Bagikan Info Ini Pada Sahabat Anda !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pemantau Cuaca dan Gelombang

Update Erupsi Gunung Api Sepanjang 2023

Breaking News Hari Ini Di Facebook

Hot News Terkini di Instagram

Info Tik Tok